Selasa, 14 Agustus 2012

Ramadhan Untuk Semua

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nanti bagi seluruh umat Islam di segala penjuru dunia. Kendati demikian suasana ramadhan tidak hanya dapat dirasakan pada negara-negara yang mayoritas berpenduduk muslim saja, bahkan pada negara dengan minoritas penduduk Islam dapat ikut merasakan indahnya suasana Ramadhan seperti di Amerika.

Berbagai liputan tim VOA yang menarik tentang Ramadhan di negara-negara yang kaum muslimnya hanya minoritas, contohnya liputan tentang puasa di Amerika. Jika saya harus memilih salah satu berita yang paling saya sukai, jujur akan sangat sulit karena setiap berita yang disajikan begitu mengobati rasa penasaran saya khususnya, bahkan mungkin setiap orang yang ingin tahu bagaimana kehidupan minoritas muslim yang melaksanakan kegiatan di bulan Ramadhan. 

Cukup menonton channel VOA Indonesia pada Youtube, untuk menjawab apa yang selama ini saya tanyakan dalam benak saya. Banyak informasi mengenai Ramadhan yang saya dapatkan,  dari berita: "Persiapan Ramadhan", "Awal Penentuan Ramadhan", sampai berita-berita seputar makanan halal dan kegiatan buka puasa bersama, sebagai upaya mengenalkan agama Islam kepada masyarakat sekitar. Hal yang sering diungkapkan oleh Presenter berita VOA seputar berita Ramadhan adalah: "Puasa kali ini, lebih panjang, karna kami disini berpuasa pada musim panas, berbuka jam 21.00 dan harus bangun pagi untuk makan sahur" . Benar-benar tidak terbayang kalau di Indonesia harus puasa lebih dari jam 18.00

Berkah Ramadhan yang dirasakan adalah, tingginya permintaan makanan halal. Beda dengan Indonesia yang dengan mudah kita temukan makanan halal, dimanapun, kapanpun. Informasi yang disajikan tim VOA seputar makanan halal, dari Resto Burger 7, Warung Mobil Yang Jual Makanan Halal, JJS's Halal Cheese Steak, Restoran Halal Malaysia di AS, sampai Supermarket Halal Co yang menyediakan kebutuhan akan produk-produk halal. 

Ramadhan Untuk Semua 

Bagi mereka yang bukan beragama Islam, dapat merasakan kegiatan yang dilakukan para muslim pada bulan Ramadhan salah satunya adalah Berbuka puasa, Seperti liputan yang disajikan oleh tim VOADuniaKita. Pada kesempatan kali ini Dunia Kita mengunjungi rumah sakit Stanford University di mana para staf menyelenggarakan buka puasa bersama bagi para pengunjung dan karyawan rumah sakit .Acara buka puasa yang diselenggarakan Di Rumah Sakit Standford yang tidak hanya mengundang umat muslim, tetapi dari berbagai Agama dan dari berbagai Negara.Bisa diintip liputan videonya:




Buka puasa yang diadakan 2 kali dalam seminggu selama bulan Ramadhan ini, tidak melibatkan panitia muslim saja, tetapi juga melibatkan panitia non muslim dari unit layanan spiritual.

Unit layanan spiritual  (perawatan rohani) adalah pelayanan kesembuhan yang menyediakan dukungan emosional dan spiritual kepada pasien, keluarga mereka, staf rumah sakit, dan sukarelawan. Para pendeta bekerja sebagai bagian dari tim penyembuhan bersama dengan dokter, perawat, dan pengasuh lainnya. Perawatan spiritual mungkin termasuk menanggapi krisis, membantu orang dalam resolusi pertanyaan etis tentang perawatan pasien, menghubungi pendeta, pastor, rabi, atau perwakilan agama lainnya seperti yang diminta, dan memberikan dukungan rohani yang terus berlangsung.

Acara ini cukup baik, untuk mengenal apa itu Ramadhan? dan apa yang dilakukan para Muslim saat Ramadhan. Merasakan berbuka puasa, yaitu salah satu Ibadah utama yang dijalankan umat Muslim pada bulan Ramadhan.


Sumber:
VOA
YouTube/voaindonesia
http://www.stjohnprovidence.org/Providence/PatientVisitor/Services/PastoralCare/








8 komentar:

  1. Woow Amazing... !!!!, Ramadhan memang penuh berkah, semua ikut mrasakan keindahan ramadhan. :-)
    Inspiratif your the a amezing. hehe

    BalasHapus
  2. hal ini mnjadi salah satu bukti bhw Islam adlh Rahmatan lil 'Alamin

    BalasHapus
  3. @Iwan Terima Kasih
    @Imam N ^_^
    @Wandi Tnx very much... :)

    BalasHapus
  4. nice info,I like read this article

    BalasHapus